Minggu, 14 Oktober 2018

Tiaitiki: Pengetahuan Lokal dan Lembaga Lokal untuk Mendukung Konservasi Laut di Teluk Depapre Provinsi Papua- Indonesia

Teluk Depapre yang terletak di Kabupaten Jayapura Papua berdasarkan jejaring kawasan Konservasi Perairan (KKP) Indonesia berada dalam Ekoregion Laut 16, pada tahun 2015 telah diusulkan sebagai Calon Kawasan Konservasi Perairan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura. Kawasan Teluk Depapre yang juga dikenal dengan kawasan teluk Tanah Merah telah ditetapkan sebagai kawasan strategis penunjang pembangunan di Provinsi Papua melalui Perpres RI No. 65 tahun 2011 tentang Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat. Salah satu pembangunan infrastruktur penunjang tersebut, yakni pembangunan dermaga penumpang dan pelabuhan peti kemas yang mulai dibangun pada tahun 2015. Penetapan kawasan strategis tersebut telah memicu tumbuhnya kawasan tersebut. Kondisi tersebut tidak hanya menimbulkan persoalan baru bagi masyarakat lokal tetapi juga menyebabkan tekanan terhadap sumberdaya yang ada. Terbukanya kawasan dan masuknya masyarakat migran dapat memicu intensitas pemanfaatan sumberdaya secara berlebihan yang berpotensi menimbulkan konflik pemanfaatan sumber daya, bahkan juga berdampak pada lunturnya nilai-nilai budaya masyarakat local serta lunturnya kesadaran tentang pelestarian sumber daya. 


Sumber: 
Paulangan, Y. P., Al Amin, M. A., Wahyudin, Y., Taryono. 2018. Tiaitiki: Pengetahuan Lokal dan Lembaga Lokal untuk Mendukung Konservasi Laut di Teluk Depapre Provinsi Papua, Indonesia. In: Bentang Laut Lesser Sunda dan Bismarck Solomon (ed). Adrianto, L., Irianto, O., Wardiatno, Y., Fahrudin, A. Taryono., Krisanti, M., Hariyadi, S., Mashar, A. IPB Press, 350p.

http://www.jurnal.manuncen.ac.id/index.php/jmb/article/view/19/21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar